Apa itu Artikel SEO? Dan Cara Menulisnya

artikel SEO

Kehadiran Artikel SEO menjadi kunci utama bagi sebuah website untuk menonjol. Perilaku audiens saat mereka mencari informasi di mesin pencari (Google) dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk tujuan pencarian, jenis informasi yang mereka cari, dan preferensi individu. Namun, secara umum, ada beberapa pola perilaku yang umum. Mereka memulai dengan  memasukkan kata kunci atau frasa tertentu yang relevan dengan informasi yang mereka cari. Sebagian besar pengguna cenderung hanya melihat hasil pencarian pada halaman pertama Google. Oleh karena itu, posisi website dalam hasil pencarian sangat penting, dan banyak yang akan mencoba menggunakan kata kunci yang lebih spesifik untuk menyaring hasil. Tapi, apa sebenarnya Artikel SEO itu? Bagaimana cara membuatnya? Dan mengapa begitu penting? Mari kita telusuri bersama.

Pengertian Artikel SEO

Artikel SEO adalah artikel yang memperhatikan kaidah-kaidah SEO (Search Engine Optimization) agar muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google. Ini bukan sekadar menulis konten yang menarik, tapi juga memastikan audiens target Anda mudah menemukan konten tersebut. Seorang penulis Artikel SEO biasanya menggunakan formula atau strategi khusus untuk menuliskan artikel pada sebuah website.

Manfaat Artikel SEO

Berbicara tentang manfaat artikel, banyak yang bisa Anda dapatkan dari melakukan optimasi SEO pada artikel. Berikut ini 3 manfaat utama:

  1. Meningkatkan Visibilitas

Artikel SEO membantu website Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian, meningkatkan visibilitas. Hal ini memperbesar peluang target audiens untuk menemukan informasi yang Anda bagi. Sehingga memperbesar peluang target audiens mengunjungi website Anda. Visibilitas pada mesin pencarian dapat mendatangkan audiens tanpa harus mengeluarkan biaya iklan yang besar.

  1. Mendatangkan Trafik Berkualitas

Dengan kata kunci yang tepat, Artikel SEO menarik pengunjung yang benar-benar tertarik dengan konten Anda. Trafik yang datang bukan dari hasil rekayasa bot, namun benar-benar audiens riil yang sedang mencari informasi. Sehingga website dapat memiliki pembaca yang loyal. Artikel SEO dapat menjadi pintu masuk target audiens untuk lebih mengenal website Anda lebih dalam.

  1. Meningkatkan Kredibilitas

Pengguna cenderung memandang website lebih kredibel, jika rangkingnya tinggi di mesin pencari. Artikel berada pada posisi atas, karena mesin pencari menganggap artikel memiliki kredibilitas dan informasi yang paling relevan dengan pengguna.

Cara Menulis Artikel SEO

Cara menulis artikel SEO tentunya tidak bisa dengan serampangan. Seorang content writer menuliskan dengan menggunakan tahapan dan perancangan. Beberapa penulis menyebutnya dengan teknik copywriting SEO. Berikut ini adalah tahapan dan ketentuan dalam menulis artikel SEO: 

  1. Riset Kata Kunci

Mulailah dengan riset kata kunci yang relevan dengan topik artikel Anda. Cari kata kunci dengan volume pencarian yang tinggi. Riset kata kunci bisa menggunakan bantuan tools, misal: Google Keyword Planner, SEMrush, dan Ahrefs. Tools tersebut memudahkan Anda untuk mengetahui jumlah volume pencarian dan nilai keyword difficulty. Sehingga Anda bisa menentukan keyword mana yang cocok untuk artikel yang Anda buat.

  1. Judul yang Menarik

Membuat judul yang mengandung kata kunci utama dan menarik perhatian pembaca. Meletakkan kata kunci utama pada judul, membantu mesin pencari mengidentifikasi isi artikel yang Anda buat. Hal itu bertujuan agar relevan dengan kata kunci yang diketikan oleh pengguna. Selain itu, judul juga harus mewakili konteks artikel dan dapat menggugah minat pengguna untuk membaca artikel yang Anda posting. Rugi, dong! Jika sudah menduduki ranking atas, namun tidak ada yang membaca artikel yang Anda buat, karena judul artikel yang kurang menggugah pengguna.

  1. Struktur Artikel

Gunakan heading dan subheading untuk memudahkan pembaca dan mesin pencari memahami struktur artikel Anda. Bagi artikel ke dalam berbagai pokok dan sub bahasan  (buat pengaturan Heading tags H1, H2, H3, dst.), agar pembaca dapat mudah memahami bahasan artikel Anda. 

  1. Konten Berkualitas

Tulis konten yang informatif, unik, dan memberikan nilai tambah bagi pembaca. Sesuaikan bahasa artikel yang Anda buat dengan bahasa yang mudah bagi target audiens. Hal ini membuat target audiens betah berlama-lama membaca artikel Anda. Anda juga dapat menambahkan sumber terpercaya kedalam Artikel yang Anda tulis. Sehingga, artikel dapat memenuhi prinsip E-E-A-T.

Cara Optimasi Artikel SEO

Penulisan artikel yang bagus dan informatif tidak akan berarti, jika tidak ada yang membaca karena target pembaca tidak dapat menemukan artikel Anda. Oleh karena itu, Anda harus memberikan treatment khusus untuk menaikan kualitas SEO pada artikel Anda. Secara umum cara optimasi artikel SEO harus menggunakan 2(dua) cara, yaitu:

Optimasi On-Page pada Artikel SEO

Optimasi on-page meliputi optimasi teknis pada hal yang melekat pada sebuah artikel. Berikut ini langkah untuk optimasi on-page sebuah artikel.

  1. Penggunaan kata kunci di judul artikel, 
  2. Sertakan meta description sepanjang 156 karakter dan sisipkan kata kunci di dalamnya. Meta description adalah kalimat yang menggambarkan isi artikel.
  3. Sisipkan kata kunci pada URL, cara termudah adalah mengcopy judul artikel yang telah memiliki kata kunci.
  4. Tambahkan gambar ilustrasi atau infografik yang membantu pembaca dalam memahami artikel Anda dan optimalkan gambar dengan menyertakan alt text pada gambar dengan memasukkan kata kunci.
  5. Anda juga bisa menambahkan video yang dapat membantu pembaca Anda. Namun, Anda perlu memastikan kecepatan loading halaman website yang cepat dan desain yang responsif juga penting. Penyematan video dapat menggunakan platform pihak ke 3, misalnya menyisipkan link youtube pada artikel untuk meringankan beban loading dari video.
  6. Sisipkan internal link pada artikel. Internal link adalah penyematan link artikel yang lain dari website yang sama ke dalam artikel yang Anda tulis. Internal link berfungsi sebagai pendukung isi dari artikel yang sedang Anda tulis. Berapa banyak internal link dalam sebuah artikel? Jumlah link bergantung pada seberapa panjang dan dalam artikel yang Anda buat. Hal ini akan mudah dilakukan jika artikel artikel pada website Anda memiliki topik cluster yang jelas.
  7. Sisipkan juga Eksternal link, eksternal link adalah rujukan dari artikel yang Anda buat. Cari rujukan yang kredibel, agar mesin pencari menganggap artikel yang Anda buat tampak kredibel.
  8. Buatkan meta tag pada body artikel. Meta tag berisi atribut kata kunci. Hal ini bertujuan memudahkan crawler memahami artikel Anda

Jika sudah terpenuhi semua 8 langkah optimasi on page pada artikel Anda, maka artikel Anda sudah dapat Anda post ke dalam website Anda. Pada platform website tertentu, memiliki plugins tools untuk memudahkan melakukan optimasi on-page. Contohnya pada platform wordpress yang memiliki beberapa plugins tools seperti : Yoast, AIOSEO, RankMath dll.

Optimasi Off-Page pada Artikel SEO

Optimasi off-page melibatkan pembuatan backlink berkualitas yang mengarah ke artikel Anda dari website lain. Ini meningkatkan otoritas dan kredibilitas website Anda di mata mesin pencari. Anda bisa memesan pada penyedia jasa backlink untuk memperoleh backlink dari website lain. Teknisnya adalah Anda melakukan guest post artikel yang telah tersisipi link artikel yang ingin Anda optimasi sebagai rujukan pada website lain yang relevan dengan niche website Anda.

Tools yang Berguna untuk Membuat dan Optimasi Artikel SEO

Berikut ini tools yang bisa Anda manfaatkan dalam menuliskan artikel; SEO dan mengoptimasikannya:

  1. Google Keyword Planner: Untuk penelitian kata kunci dan volume pencarian.
  2. Google Analytics: Untuk memantau lalu lintas situs web.
  3. Moz Pro: Untuk analisis SEO, pemantauan peringkat, dan riset kata kunci.
  4. SEMrush: Untuk analisis kompetitor, riset kata kunci, dan audit situs web.
  5. Ahrefs: Untuk pemantauan backlink, analisis kompetitor, dan riset kata kunci.
  6. Yoast SEO: Sebuah plugin SEO populer untuk situs web berbasis WordPress.
  7. Screaming Frog: Digunakan untuk memeriksa dan menganalisis struktur situs web, serta menemukan masalah teknis yang perlu diperbaiki.
  8. Google Search Console: Untuk melacak kinerja situs web di hasil pencarian Google dan mendapatkan informasi penting terk   

Mengukur Kinerja Artikel SEO

Setelah posting artikel, Anda tidak bisa meninggalkannya begitu saja. Lakukan evaluasi untuk mengukur kinerja artikel yang telah Anda buat. Gunakan tools seperti Google Analytics untuk melihat seberapa baik artikel Anda berkinerja dalam hal views, durasi kunjungan, dan konversi. Jika tidak menunjukkan hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan bantuan tools lainnya menganalisis permasalahan yang terjadi, misanya: Moz Pro, SEMrush, Ahrefs, Screaming Frog. Tools tersebut dapat mengaudit permasalahan yang perlu Anda perbaiki. Selain itu, beberapa tools tersebut dapat menganalisis kompetitor dari artikel Anda

Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Membuat Artikel SEO

Apakah saat ini artikel Anda tidak menunjukkan performa yang positif?, mungkin terdapat kesalahan dalam artikel SEO yang bisa membuat website Anda terpuruk. Coba cek poin berikut ini:

1. Keyword Stuffing

Menggunakan kata kunci terlalu banyak hingga konten terasa tidak alami. Menyisipkan kata kunci yang terlalu banyak dapat membuat mesin pencari menganggap artikel tersebut melakukan spam. Sehingga, mesin pencari akan memberi ranking yang buruk pada artikel tersebut.

2. Duplikasi Konten

Menggunakan konten yang sama atau sangat mirip website lain. Mesin pencari akan menganggap konten yang mirip merupakan konten plagiasi. Sehingga, mesin pencari akan memberi rating buruk pada artikel tersebut dan tidak merekomendasikan kepada pengguna.

3. Mengabaikan Mobile-First

Tidak mengoptimalkan website untuk pengguna mobile. Selain mesin pencarian tidak menyukainya, artikel yang tidak teroptimasi halaman mobile akan kehilangan potensi pembaca. Bagaimana tidak, bahwasanya saat ini jumlah pengguna mobile(tablet, smartphone) lebih banyak daripada pengguna desktop (PC, Laptop). Sebuah artikel harus memiliki optimasi berbagai perangkat.

Di akhir perjalanan kita memahami Artikel SEO, satu hal yang terang benderang adalah pentingnya memadukan strategi konten dengan praktik SEO yang baik untuk kesuksesan website Anda. Memahami dan menerapkan teknik-teknik SEO bukanlah tugas yang selesai dalam semalam, melainkan perjalanan yang membutuhkan ketekunan dan adaptasi terhadap perubahan algoritma mesin pencari. Dengan menghindari kesalahan umum dan terus mengasah kemampuan menulis Artikel SEO, Anda tidak hanya meningkatkan visibilitas online, tetapi juga membangun hubungan yang lebih kuat dengan audiens Anda. Ingat, di balik setiap query pencarian, ada seseorang yang mencari jawaban. Jadilah sumber informasi yang mereka temukan dan percayai. Teruslah berkarya, karena setiap kata yang Anda tulis adalah langkah Anda menuju puncak keberhasilan digital.

JIka Anda membutuhkan artikel SEO yang berkualitas, Anda bisa memanfaatkan layanan jasa penulis artikel SEO dari Bengkel Konten. Sehingga, Anda bisa fokus mengembangkan bisnis dan kami yang mengerjakan artikel di website Anda.

8 tanggapan untuk “Apa itu Artikel SEO? Dan Cara Menulisnya”

  1. […] bisa membuat Google merekomendasikan website Anda kepada pencari informasi. Yup, jawabannya adalah artikel SEO! tidak percaya? Yuk, kita bahas manfaat artikel SEO untuk pertumbuhan website […]

  2. […] pemilik website menuliskan artikel SEO dengan serampangan tanpa memperhatikan kaidah SEO yang berlaku pada mesin pencarian. Pernahkah Anda […]

  3. […] penting dari digital marketing. Artikel ini akan membahas optimasi SEO, khususnya dalam penulisan artikel SEO. Cara optimasi artikel SEO terbagi menjadi dua strategi utama: on-page dan off-page. Kedua strategi […]

  4. […] artikel SEO sangat penting agar artikel bisa ramah mesin pencari atau SEO friendly. Sehingga artikel SEO dapat meningkatkan visibilitas online. Untungnya, ada beragam tools SEO yang bisa membantu proses […]

  5. […] penting. Namun, bagaimana Anda tahu jika upaya SEO Anda benar-benar berbuah hasil? Mengukur kinerja artikel SEO adalah kunci untuk memahami efektivitas strategi konten Anda. Artikel ini akan membimbing Anda […]

  6. […] Artikel SEO memegang peranan vital dalam meningkatkan visibilitas website Anda di mesin pencari. Namun, sering kali, Kesalahan dalam Membuat Artikel SEO bisa berakibat fatal pada performa artikel Anda. Untuk itu, penting bagi Anda untuk mengenali dan menghindari kesalahan-kesalahan tersebut. Berikut adalah lima kesalahan umum yang harus dihindari saat membuat artikel SEO. […]

  7. […] ini, ada satu rahasia yang mungkin belum Anda ketahui: kekuatan Artikel SEO. Tapi, bukan sembarang artikel SEO, lho. Kita bicara tentang strategi yang lebih dalam – yaitu penggunaan artikel pilar dan topik […]

  8. […] Anda memilih jasa penulis artikel SEO berkualitas, kita harus tahu apa itu arikel SEO. Artikel SEO berkualitas adalah Artikel yang teroptimasi secara teknikal agar mudah ditemukan oleh mesin pencari […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *