Strategi Scale Up Bisnis Agar Tidak Tumbang

Scale Up Bisnis

Akhir akhir ini banyak pelaku usaha yang gagal Scale Up Bisnis, alih-alih bisnisnya berkembang malah gulung tikar. Banyak faktor yang menjadi kegagalan dalam melakukan Scale Up Bisnis. Mulai dari  tidak mempersiapkan perencanaan bisnis yang matang, pemilihan waktu scale up yang kurang tepat, sampai tidak mampu meningkatkan pemasaran setelah scale up. 

Apa itu Scale Up Bisnis?

Secara umum Scale up Bisnis adalah bertumbuhnya ukuran bisnis dari segi aset dan sumber daya. Biasanya pertumbuhan ini telah mencapai 20% dari level pertumbuhan sebelumnya. Seiring bertambahnya aset dan sumber daya, maka bertambah juga dari segi beban bisnis. Hal ini menuntut bisnis yang anda miliki untuk memperbesar revenue, agar tidak mengalami kebangkrutan. 

Untuk kalian yang baru memulai bisnis. Jangan terburu-buru untuk scale up jika tidak mau layu sebelum berkembang. Sebelum melakukan scale up ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan. 

Bagaimana Cara Scale Up Bisnis

Untuk melakukan Scale Up Bisnis tidak bisa langsung sertamerta dilakukan oleh pemilik bisnis. Ada bebeberapa hal yang secara umum harus dilakukan oleh pemilik bisnis. Nah, bagaimana cara untuk Scale up Bisnis. Yuk, simak pemaparan langkah strategi berikut ini, agar bisnis anda aman terkendali.

Evaluasi Bisnis

Penting sekali Mengukur kinerja bisnis secara keseluruhan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui posisi kelemahan dan kelebihan bisnis yang Anda miliki saat ini. Evaluasi meliputi kondisi aset, kondisi keuangan, SDM, Market share, dan kinerja marketing yang ada saat ini. Jika anda sudah memiliki gambaran detail kesehatan bisnis anda, maka akan dengan mudah menyusun strategi bisnis ke depan.

Maksimalkan Tim

Memiliki tim yang handal dalam bisnis adalah impian semua pebisnis. Tim yang handal tentunya menjadi nilai plus bagi sebuah bisnis. Untuk mencapai tim yang handal diperlukan sebuah treatment. Peningkatan skil dengan memberikan pelatihan Copywriting yang bisa meningkatkan kapabilitas tim juga bisa menjadi pilihan. Tidak cukup tim yang handal saja, lingkungan kerja yang mendukung juga sangat penting untuk memaksimalkan kinerja tim. Lingkungan kerja harus dikelola dengan baik agar timbul suasana kerja yang kondusif.

Optimasi Pemasaran

Setelah memiliki tim yang handal, yang perlu dilakukan adalah mengoptimalkan market yang dimiliki. Anda perlu Membangunkan konsumen yang tertidur. Dorong mereka untuk melakukan pembelian produk anda dengan promo tertentu. Melakukan kegiatan digital marketing juga dapat menjadi cara untuk optimasi pemasaran. Anda perlu mengaktifkan platform digital seperti website, social media, dan email marketing untuk mendukung pemasaran bisnis. Untuk hal ini, Anda bisa memanfaatkan Jasa Konten SEO Strategy untuk optimasi platform digital Anda.

Memperluas Pemasaran

Arti Memperluas pemasaran adalah menentukan target market baru dari bisnis. Yang biasanya target market usia 25-30, buat rentang target market lebih luas menjadi usia 23-38 misalnya. Dengan begitu, Anda akan memiliki konsumen yang lebih luas. Memperluas target pasar bukan berarti anda memperlakukan pendekatan hal yang sama pada mereke. Tetap berikan program atau promo yang berbeda sesuai dengan kriteria kebutuhan target market. Misal yang awalnya target market berpenghasilan Rp 20.000.000 diperluas ke yang berpenghasilan Rp 5.000.000 dengan cara memberikan kredit pada yang berpenghasilan Rp 5.000.000. Dengan begitu, Anda bisa menjual produk bisnis anda lebih banyak.

Meningkatkan  Revenue

Meningkatkan revenue dengan harapan meningkatkan laba bisnis. Selain dengan optimasi pemasaran dan perluasan pasar, ada beberapa cara lagi untuk meningkatkan revenue. Yang pertama adalah dengan menaikkan value produk. Dengan begitu, anda dapat menjual produk yang anda miliki menjadi lebih mahal dari sebelumnya. Konsumen akan rela membeli barang lebih mahal jika produk anda memiliki nilai yang tinggi bagi konsumen. Yang kedua adalah mencari sumber pendapatan lain dari bisnis yang sedang anda jalani. Misalnya jika anda memiliki bisnis minimarket yang memiliki lahan yang cukup luas, Anda bisa menyewakan lahan anda untuk stand jualan. Maka, dari sana muncul pendapatan lain diluar bisnis utama anda.

Nah, setelah membaca artikel ini, apakah sudah siap Scale UP Bisnis yang anda miliki. Jangan sungkan untuk chat wa tim kami, jika Anda membutuhkan bantuan optimalisasi digital marketing untuk meningkatkan pemasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *